Jumat, 23 Maret 2012

Jumat, Maret 23, 2012

6 Kiat Sukses Bekerja Di Rumah



Dalam mengatur waktu kerja di rumah agar karier dan rumah tangga seimbang terutama bagi wanita, profesionalitas di kantor dan kedekatan di keluarga diperlukan. Agar sukses bekerja di rumah, lakukanlah hal berikut:


Membuat batas wilayah
Antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, buatlah batas-batas saat bekerja di rumah. Ini agar konsentrasi bekerja Anda terbantu. Jika memungkinkan, cobalah untuk membuat sebuah ruang kerja khusus untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Anda juga akan terbantu untuk bersantai setelah "jam kantor" Anda berakhir dengan batas-batas tersebut.


Manfaatkan sebaik-baiknya waktu kerja Anda
Bekerja di rumah tidak berarti Anda bisa seenaknya dalam mengerjakan tugas. Buat jam kerja yang pasti, meskipun jam-jam bekerja Anda tersebut tidak harus pukul 09.00-17.00, kecuali jika jadwal pekerjaan Anda ditentukan oleh klien atau bos Anda. Untuk membuat diri produktif dan lebih fokus bekerja, kebanyakan orang memiliki waktu sendiri untuk itu. Semaksimal mungkin, gunakanlah jam produktif Anda.


Hargai waktu kerja Anda
Ketika Anda bekerja di rumah, teman dan keluarga seringkali menganggap Anda tidak sedang sibuk, lalu "mengganggu" Anda di saat-saat tertentu, misalnya meminta Anda untuk mengurus tugas-tugas di rumah tangga seperti menunggu tukang servis AC, atau berbelanja beberapa bahan kebutuhan rumah tangga. Sebelum mulai bekerja profesional, selesaikan dulu semua pekerjaan rumah Anda. Jangan melanggar seenaknya jam kerja Anda meskipun bekerja di rumah.


Hindari jejaring sosial
Saat Anda bekerja sambil bermain-main dengan jejaring sosial atau browsing toko online, Anda akan sulit untuk fokus pada pekerjaan. Demi pekerjaan cepat selesai, tunda semua aktifitas di jejaring sosial jika pekerjaan Anda tidak berhubungan dengan itu.


Buat jadwal untuk esok hari
Daftar tugas untuk hari selanjutnya bisa Anda buat saat beberapa menit sesudah jam kerja. Otak Anda pun dengan begitu akan mengirimkan sinyal yang menandakan sudah saatnya beralih ke waktu pibadi sehingga bisa menikmati waktu bersama teman dan keluarga di luar jam kerja. Tak hanya itu, prioritas tugas berikutnya pun terbantu.


Luangkan waktu untuk beristirahat
Jika tubuh lelah, fokus pada pekerjaan pun menjadi sulit. Ini akibat Anda terus-menerus menatap komputer selama berjam-jam, baik di rumah atau di kantor. Ambilah waktu istirahat hingga kesegaran tubuh kembali dan Anda pun siap bekrja.Jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat, karena akan membuat Anda kembali segar dan siap untuk bekerja kembali. Dengan beristirahat, Anda tidak hanya akan menjadi lebih fokus, santai dan bahagia, tapi juga lebih produktif dalam bekerja.



Sumber : tdwclub.com

0 Comments:

Posting Komentar