Rabu, 25 November 2015

Rabu, November 25, 2015


Banyak dari kita yang ingin menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan diet dan berolahraga. Biasanya olahraga yang kita lakukan saat masih di bangku sekolah biasanya dilakukan saat pagi hari. Namun, semenjak kuliah ataupun bekerja serta padatnya rutinitas terkadang menyebabkan kita sangat sulit mencari waktu berolahraga yang tepat sehingga tidak jarang kita berolahraga pada malam hari ketika seluruh kegiatan telah selesai.

Nah, buat kamu yang memiliki rutinitas berolahraga pada malam hari sebaiknya perlu menghentikan kegiatan olahraga pada malam hari tersebut. Tahukah kamu, bukannya menyehatkan tubuh ternyata olahraga saat malam hari akan memberikan efek buruk pada tubuh, lho.
Olahraga pada malam hari dapat memicu gangguan pada sistem pernafasan karena kandungan oksigen pada malam hari lebih sedikit dibandingkan pada pagi hari. Daya tahan tubuh juga akan semakin berkurang karena terkurasnya energi yang berlebihan, apalagi bila pada saat siang hari melakukan kegiatan padat, seperti kuliah atau bekerja. Biasanya orang yang berolahraga malam hari akan mengalami insomnia.
Dokter Michael Triangto Sp.KO dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa olahraga pada malam hari itu akan mengganggu waktu istirahat karena menjadi sulit untuk tidur. Ia juga menyebutkan disaat setelah melakukan olahraga, adrenalin serta suhu tubuh meningkat sehingga menyebabkan sulit untuk tidur.

Sementara itu dr. Haryo Tilarso, Sp.KO menyebutkan bahwa pada dasarnya berolahraga di malam hari boleh saja dilakukan. Hanya saja, olahraga di malam hari tidak boleh melewati waktu untuk tidur, mengingat pada malam hari hormon-hormon tubuh bekerja jauh lebih aktif. Namun, apabila berolahraga hingga larut malam malah akan menyebabkan tubuh lemas pada keesokan harinya. Seorang trainer senior yang berasal dari New York Sports Club mendukung bahwa olahraga pada malam hari tidak boleh dilakukan karena akan menyebabkan denyut jantung meningkat sehingga dapat menimbulkan rasa gelisah.

Olahraga tentu perlu dilakukan agar tetap mempertahankan kesehatan tubuh. Tapi, mereka yang memilih berolahraga pada malam hari malah akan mengganggu kesehatan serta lebih rentan terhadap cedera.
Oleh sebab itu, kita harus memilih waktu yang tepat untuk berolahraga, misalnya saat pagi hari, karena hal itu akan meningkatkan kebugaran tubuh dengan optimal sehingga kita bisa berkonsentrasi serta bersemangat menjalani hari.

0 Comments:

Posting Komentar