Kamis, 26 November 2015

Kamis, November 26, 2015




Lemon merupakan sejenis jeruk yang buahnya bisa digunakan sebagai penyedap dan penyegar masakan ataupun kue. Lemon kaya akan zat anti bakteri, anti virus dan mampu meningkatkan stamina karena mengandung asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin dan limonene-yang mempromosikan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Tak hanya itu, lemon juga dikenal sebagai penurun berat badan secara alami karena khasiatnya yang mampu memperlancar pencernaan dan pembersih organ hati.

Jika biasanya kita meminum teh atau kopi hangat di pagi hari, kita bisa mempertimbangkan untuk menggantinya dengan air perasan lemon hangat. Manfaat air perasan jeruk lemon hangat di pagi hari sangat berguna bagi kesehatan kita, lho! Selain memberikan asupan vitamin C, mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan, mengonsumsi air perasan jeruk lemon hangat bermanfaat juga untuk:

1.    Mengeluarkan Racun (Meningkatkan Fungsi Detoks)
Asam sitrat pada air perasan jeruk lemon hangat dapat memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati sehingga memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing. Air perasan lemon dapat membantu melarutkan asam urat dan racun lainnya yang ada di dalam hati. Kandungan Kalium yang sangat tinggi di air lemon dapat membantu menyembuhkan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan.

2.     Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Air perasan jeruk lemon kaya akan vitamin C yang bagus untuk mencegah dan mengobati influenza. Kalium yang terkandung dalam lemon juga mampu merangsang fungsi otak dan syaraf serta berperan mengontrol tekanan darah. Asam karbonat dalam lemon juga merupakan anti peradangan atau memberikan efek anti inflamasi. Air perasan lemon juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta mengandung saponin yang bersifat anti mikroba.

3.  Untuk Melancarkan Pencernaan
Air perasan jeruk lemon merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien dan menyembuhkan sembelit. Vitamin C juga membantu penurunan risiko tukak lambung yang disebabkan oleh bakteriHelicobacter pylori. Lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air hangat, termasuk diantaranya mual, mulas dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan).

4.  Untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin C yang terkandung dalam air perasan lemon memiliki fungsi sebagai anti penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Bila dioleskan pada daerah bekas luka maka akan dapat menyamarkan bekas luka tersebut serta flek hitam akibat sinar UV. Air perasan jeruk lemon juga kaya akan anti oksidan sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat melawan keriput akibat radikal bebas serta membersihkan noda pada kulit dari dalam. Tak hanya itu, anti bakteri yang terkandung dalam air perasan jeruk lemon dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Namun tahukah kamu, ada beberapa konsekuensi atau efek samping dari mengonsumsi air perasan jeruk lemon, seperti:

·       Kelaparan
Diet dengan minum air perasan lemon tidak akan memberikan rasa kenyang, tetapi akan semakin mudah merasa lapar. Nah, ketika merasa lapar ketika diet dengan minum air lemon, maka seharusnya kita minum satu gelas campuran air dan perasan lemon.

·       Kelelahan
Diet dengan mengonsumsi air perasan lemon akan menyebabkan kita kehilangan energi akibat berkurangnya jumlah kalori yang dikonsumsi.

·       Kerusakan gigi
Efek samping lain dari buah lemon sebagai alternatif diet adalah kerusakan gigi. Penyebab utamanya adalah konsumsi air perasan lemon yang memiliki kadar asam sangat tinggi juga gula yang mungkin ditambahkan.

·       Dehidrasi
Dengan mengonsumsi air perasan lemon, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi. Nah, meskipun konsumsi cairan terpenuhi, efek detoks dari air perasan lemon akan mengakibatkan kita dehidrasi.

·       Kekurangan nutrisi
Air perasan lemon yang seringkali dikonsumsi dengan tujuan mempercepat turunnya berat badan membuat seseorang yang menjalani diet, akan membatasi makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, karena hanya air perasan lemon dan sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh, maka terjadilah yang namanya kekurangan nutrisi.


dikutip penuh dari  ;  http://www.tahukahkamu.org/

0 Comments:

Posting Komentar