Jumat, 06 April 2012

Jumat, April 06, 2012



  
- Tekanan darah tinggi bisa dialami siapa saja. Biasanya, hipertensi terjadi akibat makanan, usia dan genetika. Jika tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa memicu serangan jantung dan stroke, bahkan menyebabkan kematian.

Yuk, kita lanjutin makanan apa saja yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

Kentang ungu
Penelitian kecil yang dipresentasikan tahun lalu pada pertemuan American Chemical Society menunjukkan bahwa warna ungu pada jenis umbi-umbian memiliki manfaat untuk penurunan tekanan darah, yang sama baiknya dengan mengonsumsi oatmeal untuk mengatasi hipertensi.

Peneliti merekrut 18 penderita hipertensi. Mereka diminta makan enam hingga delapan kentang ungu (termasuk kulit) dua kali sehari dalam sebulan. Peneliti menemukan bahwa peserta mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada akhir periode penelitian.

Tahu
Makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti tahu, tempe, tofu, miso, susu kedelai dan edaname dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American College of Cardiology melakukan pengamatan terhadap 5.000 orang yang diet selama 20 tahun. Para peneliti menemukan bahwa isoflavon, senyawa dalam kedelai, membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Cokelat
Cokelat berhubungan dengan indeks massa tubuh yang rendah dan bermanfaat bagi penderita hipertensi. Penelitian di tahun 2010 yang dimuat dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan bahwa flavanol yang ditemukan dalam coklat, tampaknya membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

"Flavanol telah terbukti meningkatkan pembentukan nitric oxide ondetel, yang mendukung penurunan tekanan darah. Kami telah menemukan hanya dengan mengonsumsi cokelat mampu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi," papar Dr Karin Ried dari University of Adelaide, Australia.

Cabe
Jika Anda menyukai makanan pedas, maka cabe membantu menurunkan tekanan darah. Pada penelitian di tahun 2010 dan diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa capsaicin, rasa pedas dalam cabe, bisa menurunkan tekanan darah pada tikus yang menderita hipertensi. Namun, para peneliti dari Third Military Medical University di China mencatat bahwa temuan tersebut perlu diujicobakan pada manusia.



Oleh : Innes
Ghiboo.com
Minggu, 01/04/2012 09:16 WIB
Healthy Tips

0 Comments:

Posting Komentar