Sabtu, 13 Juli 2019

Sabtu, Juli 13, 2019

5 Fakta Menarik Bulan
by : Mercyella

Nggak cuma kelihatan indah, bulan yang setiap malam kita lihat ternyata menyimpan berbagai fakta unik, lho. Cari tahu yuk, serba-serbi tentang bulan.
Usia Bulan
Ternyata, usia bulan tahun 2016 ini sudah mencapai 4.53 miliar tahun. Hal tersebut dapat dilihat dari masa terbentuknya bulan, yaitu sekitar 95 juta tahun setelah tata surya tercipta. Jadi, usia bumi dan bulan berbeda sekitar 10 juta tahun, karena usia bumi kini 4,543 miliar tahun.
Bulan Punya Benih Pohon
Siapa yang menyangka kalau bulan punya benih yang bisa jadi pohon? Lewat situs resminya, Nasa menceritakan bahwa pada tahun 1971, ketiga astronot Apollo 14 (Alan Sephard, Edgar Mitchell dan Stuart Roosa) membawa pulang sebuah benih pohon. Mereka lalu menanamnya di bumi. Benih tersebut ternyata tumbuh dan dikenal sebagai Moon Trees.
Bulan Bakal Menjauhi Bumi
Walaupun terlihat sangat dekat dengan bumi, bulan bergerak menjauhi bumi sekitar 3,78 cm setiap tahunnya. Kata ilmuwan luar angkasa Dr Maggie Aderin-Pocock, efek tersebut baru akan terasa ke bumi setelah miliaran tahun.
Ukuran Bulan
Buat yang mengira-ngira ukuran bulan, ternyata bulan memiliki diameter sepanjang 3.476 kilometer. Kalau dilihat secara mendatar, luas permukaannya sama dengan luas Benua Afrika.

Di Bulan juga Ada Gempa
Gempa nggak terjadi di bumi, lho. Pada tahun 1969 dan 1972 para astronot meletakkan seismometer di sekitar bulan untuk mendeteksi gempa. Menariknya, ketika diamati hingga tahun 1977, terjadi empat macam gempa di bulan.


sumber artikel : https://www.gadis.co.id/ngobrol/5-fakta-menarik-bulan
Editor: Dian

=======================



0 Comments:

Posting Komentar